Frequently Asked Question (FAQ)


Q : Apakah aplikasi Whistleblowing System (WBS) Kementerian ESDM ini?
A : Aplikasi Whistleblowing System (WBS) Kementerian ESDM adalah aplikasi pengelolaan dan tindak lanjut pengaduan serta pelaporan hasil pengelolaan pengaduan yang disediakan oleh Kementerian ESDM sebagai salah satu sarana bagi setiap pejabat/pegawai Kementerian ESDM sebagai pihak internal maupun masyarakat luas pengguna layanan Kementerian ESDM sebagai pihak eksternal untuk melaporkan dugaan adanya pelanggaran dan/atau ketidakpuasan terhadap pelayanan yang dilakukan/diberikan oleh pejabat/pegawai Kementerian ESDM.
Q : Apakah ID pengaduan, Username dan Password itu dan apa yang harus saya lakukan terhadap hal ini?
A : ID Pengaduan dan Username adalah kode yang digunakan sebagai identitas pelapor dalam melakukan komunikasi tidak langsung antara pihak pelapor dengan penerima laporan yang didapatkan setelah pelapor menyampaikan laporan pelanggaran melalui aplikasi WBS ini. Sedangkan Password digunakan untuk login apabila pihak pelapor login dengan menggunakan username.
Simpan dengan baik kode pengaduan yang Anda peroleh, jangan sampai tercecer dan diketahui oleh pihak yang tidak berhak karena pelayanan untuk mengetahui status tindak lanjut pengaduan yang disampaikan hanya dapat diberikan melalui kode pengaduan tersebut pada halaman memantau aduan.
Q : Apakah bentuk respon yang diberikan kepada pelapor atas pengaduan yang disampaikan?
A : ID Pengaduan dan Username adalah kode yang digunakan sebagai identitas pelapor dalam melakukan komunikasi tidak langsung antara pihak pelapor dengan penerima laporan yang didapatkan setelah pelapor menyampaikan laporan pelanggaran melalui aplikasi WBS ini. Sedangkan Password digunakan untuk login apabila pihak pelapor login dengan menggunakan username.
Simpan dengan baik ID Pengaduan yang Anda peroleh, jangan sampai tercecer dan diketahui oleh pihak yang tidak berhak karena pelayanan untuk mengetahui status tindak lanjut pengaduan yang disampaikan hanya dapat diberikan melalui ID Pengaduan tersebut.
Q : Berapa lama respon atas pengaduan yang disampaikan diberikan kepada pelapor?
A : Sesuai dengan Bab IV pasal 9 Peraturan Menteri ESDM RI 25 tahun 2014 jawaban/respon atas pengaduan yang disampaikan wajib diberikan dalam kurun waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak pengaduan diterima.
Untuk respon yang disampaikan tertulis melalui surat dapat diberikan apabila pelapor mencantumkan identitas secara jelas (nama dan alamat koresponden). Untuk respon dari media pengaduan lainnya akan disampaikan dan diberikan sesuai identitas pelapor yang dicantumkan dalam media pengaduan tersebut.
Q : Apakah pengaduan yang saya berikan akan selalu mendapatkan respon?
A : Pengaduan yang anda berikan akan direspon dan tercantum dalam aplikasi WBS ini dan akan terupdate secara otomatis sesuai dengan respon yang telah diberikan oleh pihak penerima pengaduan.
Untuk dapat melihat respon yang diberikan, anda harus login terlebih dahulu dengan username yang telah anda dapat dari aplikasi ini dan anda dapat melihat status pengaduan dalam history pengaduan sesuai dengan kode pengaduan yang didapatkan.
Sebagai catatan, pengaduan anda akan lebih mudah ditindaklanjuti apabila memenuhi unsur pengaduan. Hal Lebih lanjut/lengkap terkait dengan unsur pengaduan dapat dilihat disini.
Q : Apakah kerahasiaan identitas saya sebagai pengadu/pelapor terjaga?
A : Kerahasiaan identitas anda sebagai pelapor akan terjaga seperti yang telah disebutkan dalam Bab III pasal 5 Peraturan Menteri ESDM RI 25 tahun 2014. Namun agar kerahasiaan identitas anda dapat lebih terjaga sebaiknya anda memperhatikan mendapatkan hak perlindungan sebagai berikut kerahasiaan identitas, mendapat perlindungan dari tindakan administratif kepegawaian, perlindungan atas hak-hak saksi dan pelapor sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.
Q : Saya sudah mengirimkan pengaduan namun di kemudian hari saya ingin merubah/menambahkan data terkait pengaduan yang saya lakukan, apa yang harus saya lakukan? Apakah harus membuat pengaduan baru?
A : Data yang sudah dilaporkan sebelumnya tidak dapat dilakukan perubahan namun anda bisa menambahkan data lain terkait pengaduan dengan mengunggah data dalam bentuk seperti dokumen, foto, video, dan lain sebagainya masing-masing dengan ukuran maksimum 5 MB.
Untuk melakukan hal tersebut diatas tidak perlu membuat pengaduan baru. Mengunggah data tambahan baru dapat dilakukan dengan login username yang telah diregistrasikan sebelumnya di aplikasi ini lalu masuk ke halaman pengaduan. Dalam halaman pengaduan, anda memilih pengaduan yang ingin ditambahkan data tambahan kemudian memilih (klik kotak kecil "pilih file" ) di bagian bawah rincian pengaduan.
W

KriteriaPengaduan

>>
Pengaduan Anda akan mudah ditindaklanjuti apabila memenuhi unsur sebagai berikut:
B

KirimPengaduan

Menemukan tindakan pelanggaran atau tindak pidana korupsi laporkan di sini
S

KerahasiaanPelapor

>>
KESDM merahasiakan identitas pribadi Anda sebagai whistleblower